6 Hal Tentang Vertigo yang Harus Diketahui



Jakarta: Sebagian besar dari Anda pasti pernah mengalami sakit kepala. Obat sakit kepala mungkin ampuh untuk mengatasi rasa sakit yang dapat mengganggu aktivitas Anda.

Tetapi, bagi Anda yang mengalami vertigo, rasa nyeri diikuti gangguan keseimbangan sehingga dapat membuat Anda merasa seperti berada di ruangan yang berputar ketika berdiri dan diam.

Berikut ini adalah semua hal yang perlu diketahui tentang vertigo.

1. Vertigo adalah pusing yang diikuti perasaan bergerak
Padahal, Anda sedang tidak bergerak namun terasa seisi ruangan berputar-putar atau bergoyang. Rasa keseimbangan tergantung dari sinyal pada mata Anda, saraf sensorik dan telinga bagian dalam yang memberi sinyal kembali ke otak. 

Jika sinyal telinga bagian dalam tidak cocok dengan apa yang dirasakan mata dan saraf laporkan, maka otak akan menjadi bingung dan menyebabkan vertigo.

2. Ada dua penyebab umum
Pertama adalah virus yang disebut labyrinthitis, yakni sebuah infeksi telinga bagian dalam yang menyebabkan struktur jauh di dalam telinga meradang.

Penyebab kedua adalah masalah telinga bagian dalam yang disebut benign paroxysmal positional vertigo (BPPV), di mana kristal kalsium di telinga dalam copot dan mengirim pesan palsu ke otak bahwa Anda sedang dalam gerakan.


3. Vertigo adalah sebuah gejala, bukan kondisi medis
Untuk meringankan vertigo, penyebabnya harus diketahui dan diobati. Vertigo sering didiagnosis secara klinis dengan riwayat yang menyeluruh dan pemeriksaan klinis. 

Penyebab lain dari vertigo termasuk gangguan telinga bagian dalam dan gangguan yang kurang umum seperti gegar otak dan multiple sclerosis. Paparan racun atau efek obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan efek samping yang menyerupai vertigo.

4. Beberapa orang lebih rawan vertigo dibanding lainnya
Wanita lebih mungkin mengalami vertigo dibanding pria. Beberapa orang lebih rentan mengalami vertigo karena bagaimana cara bagian telinga dalam berkomunikasi dengan seluruh tubuh, berbeda-beda.

5. Migrain bisa jadi penyebab vertigo
Migrain vestibular sering datang dengan pusing dan vertigo yang tidak terdiagnosis hingga 50 persen. Jika Anda penderita vertigo tapi juga memiliki gejala migrain, Anda harus membuat catatan untuk mengingat jika ada masalah di kemudian hari.

6. Vertigo bisa jadi tanda lain yang serius
Vertigo yang disebabkan oleh peradangan di telinga bagian dalam biasanya cenderung mereda selama beberapa hari saja.

Namun, jika pusing disertai dengan gejala lain seperti sakit kepala yang parah, penglihatan ganda, bicara cadel, nyeri dada, kelemahan di satu sisi, telinga berdengung atau kehilangan pendengaran, ini mungkin Anda mengalami sesuatu yang lebih serius, seperti stroke atau masalah jantung. (sumber: metrotvnews.com)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Seks Oral Sebabkan Kanker Lidah dan Mulut

Inilah Penerima Beasiswa Dokter Muhammadiyah UMY

9 Bahaya Dibalik Haramnya Makan Darah