Inilah yang Bisa Menyebabkan Gejala Testis Bengkak



Baru-baru ini dikabarkan bahwa penyanyi Justin Bieber mengalami testis bengkak dan sempat dilarikan ke unit gawat darurat (UGD).
Menurut informasi itu dilansir oleh TMZ.com, kejadian yang menimpa sang superstar itu terjadi pada Mei lalu. Justin Bieber dikabarkan mengalami testis bengkak saat bermain sepak bola.
Penyanyi berusia 23 tahun ini diduga mengalami torsio testis atau terpelintirnya testis. Lalu, penyakit apakah itu?
Dokter spesialis andrologi Rumah Sakit AL Dr Ramelan, Johannes Soedjono, mengatakan testis bengkak bisa terjadi karena beberapa penyebab. "Kalau kejadiannya mendadak itu bisa karena trauma, infeksi atau torsio testis," kata Johannes kepada Tempo, Jumat, 8 September 2017.
Johannes menjelaskan, torsio testis terjadi karena ada jalinan pembuluh darah dan saluran sperma yang disebut funikulus spermatikus, terpelintir, sehingga aliran darah ke testis terhenti. "Penyebabnya salah satunya karena olahraga," ujarnya.

Namun, menurut Johannes, torsio testis biasa terjadi pada usia remaja. "Lebih sering remaja, tapi kalau trauma atau infeksi pada testis yang menyebabkan pembengkakan bisa terjadi pada semua umur," kata dia. (sumber: tempo.co)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Seks Oral Sebabkan Kanker Lidah dan Mulut

9 Bahaya Dibalik Haramnya Makan Darah

Polusi Udara Meningkatkan Risiko Penyakit Jantung dan Stroke