Ini 6 Cara Agar Kanker Payudara Tak Kambuh Lagi




Para peneliti terus mempelajari kekambuhan kanker payudara. Mereka pun mendapatkan pemahaman tentang bagaimana kanker payudara dapat kambuh kembali.

Pengobatan kanker dapat menyembuhkan kanker primer, tapi apa yang disebut sel benih dapat keluar dari payudara ke bagian tubuh yang lain. Di mana pun benih itu berakhir, sel-sel kanker dapat tertidur bahkan terkadang hingga bertahun-tahun, sebelum memicu penyakit baru dan seringkali agresif.

Para ahli sepakat ada perjuangan yang harus dilakukan wanita untuk mencegah kekambuhan kanker payudara. Berikut ini adalah beberapa cara untuk mencegah kanker payudara menyerang kembali tubuh Anda.

1. Gerakkan tubuh
Olahraga teratur, paling tidak 2,5 jam seminggu adalah kebiasaan yang paling penting. Mungkin sulit mengumpulkan energi untuk berolahraga setelah mengalami serangan kanker yang melelahkan. Tapi, olahraga dapat menurunkan peradangan dan kadar hormon yang terkait dengan kekambuhan.

2. Jaga berat badan
Menghindari penambahan berat badan dan menerapkan diet sehat selama dan setelah pengobatan kanker payudara dapat menawarkan beberapa perlindungan. Wanita yang kelebihan berat badan atau obesitas memiliki risiko kekambuhan yang lebih tinggi.

3. Rutin konsumsi obat
Dengan tetap mengonsumsi obat-obatan yang telah diresepkan, sangat penting untuk menurunkan risiko kanker kembali menyerang. Beberapa penelitian telah menunjukkan agen anti estrogen dan penghambat aromatase dapat menghalangi kanker payudara kembali.

4. Perbanyak asupan vitamin C dan D
Suplemen vitamin C dapat mengurangi tingkat kematian akibat kanker payudara. Kadar vitamin D yang rendah juga terkait dengan hasil kanker yang lebih buruk.

5. Ubah pola makan Anda
Semakin banyak bukti menunjukkan puasa beberapa hari dalam seminggu atau istirahat dari makanan, dapat memberikan manfaat kesehatan yang besar. Sebuah penelitian menemukan bahwa pasien kanker payudara yang puasa selama 13 jam atau leih setiap hari mengalami penurunan risiko kekambuhan yang signifikan. Anda dapat menghentikan semua asupan makanan pada pukul 8 malam dan sarapan pagi mulai pukul 9 pagi.

6. Minum teh hijau
Wanita yang didiagnosis kanker payudara tahap awal yang banyak minum teh hijau (3-4 cangkir per hari) lebih terlindungi dari kekambuhan kanker daripada mereka yang tidak minum teh hijau. Teh ini dapat memberikan penawaran perlindungan dari kanker. (sumber: metrotvnews.com)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Seks Oral Sebabkan Kanker Lidah dan Mulut

Inilah Penerima Beasiswa Dokter Muhammadiyah UMY

9 Bahaya Dibalik Haramnya Makan Darah