Pilihan Karbohidrat yang Tepat di Bulan Puasa



Meskipun berpuasa, bukan berarti kebutuhan gizi dalam tubuh menjadi tak terpenuhi. Kita harus pintar memilih asupan saat sahur agar bisa menjalani puasa dengan tetap bugar sekaligus memenuhi kebutuhan tubuh.

Tiga makronutisi yang terdiri dari karbohidrat, protein, dan lemak tentunya harus ada saat sahur dan buka puasa agar tubuh bisa tetap berfungsi dengan baik.

Berbicara tentang karbohidrat, bagaimana pengaturan makanan yang mendominasi piring makan sebesar 50-65 persen tersebut?

"Sebaiknya saat sahur mengonsumsi karbohidrat kompleks karena penyerapannya ke tubuh lama dan sulit sehingga kenyang pun lebih lama," jawab dokter spesialis gizi klinik dr. Dian Permatasari, SpGK dalam acara buka bersama Danone Group, Selasa 6 Juni 2017.

Karbohidrat kompleks terdiri dari makanan pokok yang biasa dimakan sehari-hari seperti kacang-kacangan, kentang, beras dan sereal.

Sementara, dr. Dian menyarankan untuk menikmati buka puasa dengan makanan yang mengandung karbohidrat sederhana seperti permen, makanan olahan, atau makanan yang rasanya manis. "Makanan karbohidrat sederhana mudah diserap sehingga cepat membuat kenyang," tandasnya. (sumber: metrotvnews.com)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Seks Oral Sebabkan Kanker Lidah dan Mulut

Inilah Penerima Beasiswa Dokter Muhammadiyah UMY

9 Bahaya Dibalik Haramnya Makan Darah