Kualitas Kulit Anda dapat Mengutarakan Kesehatan Anda



Jakarta: Seakan mata dokter kulit Anda dilengkapi dengan penglihatan X-ray, seorang dokter kulit memiliki kemampuan untuk membaca kesehatan Anda secara keseluruhan. 

Bukan hanya kulit wajah Anda semata, kondisi apa yang sedang Anda hadapi juga bisa terlihat melalui warna kulit atau tanda yang ada di kulit Anda.

Dr. Whitney Bowe, MD, seorang dermatologis di New York City, Amerika mengatakan bahwa ia bisa melihat kondisi kesehatan Anda secara keseluruhan melalui warna kulit dan rambut Anda.

Hal pertama yang biasanya dilihat oleh dokter kulit adalah apakah pasien punya garis kerut. "Jika iya, kulit menggambarkan kondisi dehidrasi. Kulit kusam dan tidak terawat. Dan jika demikian, tandanya sudah perlu memakai perawatan untuk menstimulasi kembali hidrasi di kulit pasien," ujar Dr. Ava Shamban, MD, dermatologis dari Beverly Hills.

"Hal kedua setelah melihat hal di atas adalah, mengidentifikasi apakah pasien memiliki jerawat atau rosacea (kemerahan), dan seberapa banyak kerutan dangkal dan dalam yang terdapat di wajah pasien," papar Dr. Shamban.

Selain bisa melihat kondisi kulit wajah Anda, hal rutin yang biasa Anda konsumsi atau lakukan juga terpapar dari kulit di wajah dan tubuh Anda. "Kulit merupakan jendela kesehatan Anda secara keseluruhan.

Melihat kondisi kulit juga bisa melihat bagaimana kondisi organ tubuh Anda secara medis, misalnya bagaimana sistem imun Anda, apakah Anda punya permasalahan tiroid, bahkan diabetes," ujarnya.

"Termasuk juga apakah diet Anda sudah baik, bagaimana kadar stres Anda, dan apakah hormon Anda seimbang ataukah tidak," papar Dr. Bowe lagi.

Dr. Shamban menambahkan jika kulit Anda berwarna kuning, bisa jadi itu merupakan tanda Anda sakit liver atau kanker pankreas. Kulit keabuan bisa jadi tanda Anda mengalami sakit ginjal, dan sakit jantung bisa membuat kulit Anda tampak sedikit kebiruan.

Dr. Bowe menambahkan jika pasien tidak banyak hidrasi (cairan atau minum) maka kulitnya akan mengendur. Dan bagi para perokok kulit kendur sangat menonjol dan garis kerut lebih jelas terlihat.

"Jika ia tidak diet (makan) dengan baik antara lemak yang baik serta protein, maka rambutnya kusam dan rapuh. Dan jika ia stres, maka kulitnya akan berjerawat dan tanda kemerahan yang menandakan Anda terkena inflamasi kronik di kulit," jelas Dr. Bowe. (sumber: metrotvnews.com)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Seks Oral Sebabkan Kanker Lidah dan Mulut

Inilah Penerima Beasiswa Dokter Muhammadiyah UMY

9 Bahaya Dibalik Haramnya Makan Darah