Dampak Buruk Obat Pelangsing Terhadap Paru-paru



Memiliki perut rata adalah dambaan setiap wanita. Namun, upaya mengecilkan perut seringkali dilakukan dengan cara instan seperti minum obat pelangsing tanpa dibarengi olahraga yang cukup dan makan makanan sehat.

Cara tersebut jelas salah. Bahkan, bisa memicu penyakit hipertensi paru jika diminum dalam jangka waktu yang lama.

"Obat (pelangsing) yang memiliki kandungan keras dapat merusak paru-paru," ujar Dr Bambang Budi Siswanto, pakar hipertensi paru, spesialis jantung, dan pembuluh darah dalam edukasi kesehatan yang berlangsung di Jakarta, Kamis (4/5/2017).

Hipertensi paru merupakan penyakit yang ditandai dengan kenaikan tekanan darah pada arteri paru-paru sehingga menyebabkan kerusakan jaringan paru. Konsumsi obat pelangsing dan obat-obatan terlarang adalah satu dari beberapa faktor penyebab penyakit ini.

Faktor lainnya, disebabkan karena pengaruh genetik, mengidap penyakit jantung bawaan, penyakit infeksi seperti HIV, dan adanya penggumpalan darah di paru.

Hipertensi paru lebih banyak diderita wanita daripada pria, dengan perbandingan 2:1. Dr Bambang menjelaskan, hal itu kemungkinan karena pengaruh hormonal.

"Pengentalan darah (yang menjadi penyebab hipertensi paru) juga sering terjadi karena hormonal," pungkasnya.  (sumber: metrotvnewscom)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Seks Oral Sebabkan Kanker Lidah dan Mulut

9 Bahaya Dibalik Haramnya Makan Darah

Polusi Udara Meningkatkan Risiko Penyakit Jantung dan Stroke