Perlambat Penuaan dengan 4 Makanan Ini


Jakarta: Proses penuaan dimulai saat usia menginjak 30 tahun. Sistem imun dan kebugaran seseorang mulai menurun. Tanda-tanda penuaan pun mulai tampak di wajah dan kulit.

Penuaan pasti akan dialami setiap manusia. Namun, prosesnya bisa diperlambat. Caranya, dengan mengadopsi pola hidup sehat. Misalnya, dengan memilih makanan yang tepat.

Dikutip Boldsky, terdapat empat makanan yang sebaiknya dikonsumsi orang yang berusia 30 tahun ke atas.

1. Makanan kaya zat besi

Kekurangan zat besi dapat menyebabkan tubuh lemah dan mengurangi pembentukan darah dalam tubuh. Untuk mencegah kelelahan, anemia, rambut rontok, serta sakit kepala, disarankan mengonsumsi makanan kaya zat besi. Anda bisa mendapatkannya dari sayuran hijau seperti bayam, asparagus, kacang-kacangan, hati, dan ikan tuna.

2. Buah

Buah mengandung banyak nutrisi, seperti vitamin dan serat. Jangan lupa sertakan buah-buahan seperti pepaya, stroberi, jeruk, dan cranberi dalam menu sehari-hari.

3. Kalsium

Kalsium dapat diperoleh dari makanan yang mengandung vitamin D dan magnesium. Setelah usia 30 tahun, karbohidrat dan lemak baik akan melindungi tubuh dari penyakit jantung dan tekanan darah tinggi. Untuk mendapatkan manfaat kalsium, Anda sebaiknya mengonsumsi susu rendah lemak, bayam, ikan salmon, tuna, keju rendah lemak, dan telur.

4. Lemak

Untuk Anda yang berusia lebih dari 30 tahun sebaiknya mengonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh tunggal, karena lemak ini dapat melindungi diri dari penyakti jantung, menurunkan gula darah, dan tekanan darah tinggi. Lemak sehat juga meningkatkan pembentukan sel darah dan sirkulasi darah dalam tubuh.

Makanan yang mengandung lemak sehat beberapa di antaranya almond, kacang mete, daging sapi, oatmeal, pasta, roti cokelat, kenari, wijen, dan biji labu. Dalam mengolahnya, gunakan minyak nabati, seperti minyak zaitun.

Selain mengonsumsi makanan tersebut, Anda juga mesti menjalani pola hidup sehat supaya tubuh semakin prima. Jauhi rokok dan minuman beralkohol, perbanyak minum air putih, dan rutin olahraga.(sumber: metrotvnews.com)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Seks Oral Sebabkan Kanker Lidah dan Mulut

Inilah Penerima Beasiswa Dokter Muhammadiyah UMY

9 Bahaya Dibalik Haramnya Makan Darah