18 Dokter Magang Bantu Pelayanan RSUD Biak


Biak: Sebanyak 18 dokter magang membantu pelayanan kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Biak dan Puskesmas Yendidori Kabupaten Biak Numfor, Papua. Penempatan dokter magang di RSUD Biak diakui sangat membantu peningkatan pelayanan kesehatan bagi pasien.

"Kami sudah menempatkan tenaga dokter magang pada pelayanan IGD dan poliklinik umum sesuai kebutuhan pengobatan pasien rawat inap dan rawat jalan di RSUD," kata Direktur RSUD Biak Edy Rumbarar di Biak, Papua, Sabtu, 15 April 2017.

Para dokter magang tersebut juga dilibatkan dalam pelayanan kesehatan di lokasi Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) di Kampung Sambowofuar, Distrik Samofa. "Program layanan kesehatan untuk warga merupakan pendukung TMMD di Biak Numfor," terang Dandim 1708 Letkol Czi Suhendra Gunawan.

Program TMMD dilaksanakan pada 5 April-5 Mei 2017 dengan target membangun rumah layak huni. Selain itu, dilakukan juga penyuluhan kesehatan dan perilaku hidup sehat, serta memberikan pelayanan kesehatan.

Kebijakan penempatan dokter magang adalah program magang selama satu tahun di RS dan puskesmas yang harus dijalani setelah seseorang menjalani sumpah dokter. Semua dokter lulusan program Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) harus menjalani program ini di seluruh RSUD dan Puskesmas.

Perjalanan sebagai dokter magang ini dilakukan setelah kuliah selama 3,5 tahun untuk mendapatkan gelar sarjana kedokteran (S.Ked) lalu melanjutkan kepaniteraan klinik selama 1,5 tahun, mengikuti uji kompetensi, dan akhirnya melafalkan sumpah Hipocrates atau lebih sering dikenal dengan Sumpah Dokter. (sumber: metrotvnews.com)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Seks Oral Sebabkan Kanker Lidah dan Mulut

9 Bahaya Dibalik Haramnya Makan Darah

Polusi Udara Meningkatkan Risiko Penyakit Jantung dan Stroke